Review dan Speedtest SSD murah Bulldozer 120GB

review dan speedtest ssd bulldozer 128gb - Review dan Speedtest SSD murah Bulldozer 120GB

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang SSD yang menurut saya sangat murah dan saya penasaran untuk membelinya.yaitu SSD bulldozer 120GB.

Seperti kita ketahui semenjak windows 10 release, keberadaan harddisk dipandang sebelah mata dan kebanyakan berpindah ke SSD yang kecepatannya 5 kali bahkan ada yang 20 kali lebih cepat ( SSD NVME ) dari kecepatan membaca dan menulis harddisk.

Kenapa Memilih SSD ?

Alasan kita memilih SSD dibandingkan dengan harddisk adalah karena kita ingin meload atau menjalankan aplikasi dengan cepat, tanpa kendala dan tanpa adanya lag saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, harddisk pada tahub 2020 ini memang sudah tidak layak untuk menyimpan sistem operasi windows 10. namun harddisk juga masih dibutuhkan untuk menyimpan data yang kapasitasnya besar.

saya sendiri menggunakan 2 harddsik dan ssd bersamaan dalam satu buah laptop, dimana ssd digunakan untuk menyimpan OS dan Aplikasi kemudian HDD digunakan untuk menyimpan data saya yang lumayan banyak. hal ini saya lakukan karena SSD memiliki harga yang masih lumayan mahal dibanding dari harddisk dimana harddisk 1TB hanya seharga Rp. 600.000 saja sedangkan SSD 1TB harganya masih 3 kali lipat nya harddisk yaitu sekitar Rp. 1.600.000.

Baca Juga : memilih converter ssd m2 nvme to pci express yang terbaik

Berapa Kapasitas Harddisk Yang dibutuhkan ?

Pengalaman saya Windows 10 hanya membutuhkan space sekitar 20GB untuk menyimpan sistem maupun program bawaan windows, sedangkan aplikasi dan program daya rasa 100GB sudah cukup. jadi menurut saya yang paling efektif efisien adlah 128GB namun jika dana mencukupi bisa beli yang 256GB agar tidak cepet penuh.

Kenapa Pilih SSD Bulldozer ?

Pada awalnya saya sempet ragu kenapa harus memilih SSD ini untuk sistem saya. namun terus terang saya tergiur dengan harganya yang SANGAT murah. sebagai perbandingan SSD VGEN 128GB, SSD WD Green 128GB harganya sekitar Rp. 320.000 sedangakn SSD BULLDOZER 128 GB harganya hanya Rp. 230.000. untuk link pembelian bisa cek di bawah ini :

Disamping itu saya juga melihat faktor garansi yang diberikan, dalam box tertera 3 tahun garansi, dan juga toko berani menggaransi 6 bulan. jadi tanpa pikir panjang saya langsung membelinya.

Apakah cocok dengan motherboard / laptop lama?

pada dasarnya SSD ini mendukung interface SATA II dan sata III dimana secara teknis kecepatannya sekitar 6Gbps  atau sekitar 640MBps. namun apabila kita memasang pada motherboard yang jadul, belum support sata III maka kecepatan maksimalnya adalah 320MBps saja.

Bagaimana Performanya ?

Setelah saya membeli saya langsung menginstall Windows 10. saya tidak melakukan partisi pada SSD ini, full SSD saya kasih OS saja kemudian saya gunakan Aplikasi Crystall Disk Mark untuk melakukan test SSD bulldozer ini. berikut hasinya :

  • Untuk Kecepatan Menulis = Max. 403 MBps
  • Untuk Kecepatan Membaca = Max 453 Mbps

untuk lebih jelas bisa tonton video berikut :

Kesimpulan

Overall SSD bulldozer memiliki varian kapasitas dari 128GB , 256GB, 512GB dengan kecepatan skitar 400MBps saya rasa SSD ini cukup cepat diharga yang sangat murah tersebut. akan tetapi saya Belum menemukan spesifikasi teknis tentang MTBF SSD ini dimana MTBF adalah jaminan berapa lama kita dapat mengandalkan Sebuah SSD. dimana SAMSUNG dan Western Digital sebagai brand yang kawakan dibidang ini sudah sangat terbkan tentang berapa jam MTBF dari produk yang mereka buat.

4 Comments

Comments are closed.

You cannot copy content of this page