Laptop Buat Kuliah Minimal Ram Berapa? Simak Ulasan Berikut Ini

rekomendasi ram laptop - Laptop Buat Kuliah Minimal Ram Berapa? Simak Ulasan Berikut Ini

Berapa Ram Minimal Untuk Laptop 2023?

hal yang sering ditanyakan masyarakat awam ketika membeli laptop adalah berapa ram minimal untuk laptop tahun 2023 ini, tentunya untuk masa pakai 2, 3 bahkan 4 tahun kedepan. hal ini wajar mengingat RAM laptop dipasaran tergolong lebih kecil dibandingkan dengan RAM hp atau smartphone.

Pilih RAM Minimal 4GB untuk window 10 dan Rekomendasi 8GB untuk windows 11

Biasanya penjual mengatakan RAM 4 GB sudah bagus utuk laptop, akan tetapi faktanya itu berlaku untuk sistem operasi Windows 10. Pada kasus tertentu RAM 4GB belum cukup untuk memastikan kinerja laptop tidak lemot, jadi jika anda bertanya tentang ram yang cukup mumpuni untuk tahun 2023 adalah laptop RAM 8GB adalah syarat ideal laptop dikatakan bagus untuk menjalankan sistem operasi windows 11. yang terakhir hindari untuk membeli laptop dengan RAM 2GB karena itu hanya akan menyiksa anda dalam menggunakan laptop tersebut.

Pilih Laptop yang RAM nya bisa di upgrade

saya mengerti sekali jika budget anda mepet, ada solusi untuk mengatasi ram kecil di laptop sebelum anda memutuskan untuk membelinya. solusinya adalah tanyakan dulu ke penjual apakah laptop yang akan anda beli termasuk jenis bisa di upgrade RAMnya? hal ini untuk berjaga – jaga dimasa depan jika anda merasa laptop sudah lemot anda tinggal membeli ram tambahan.

Pilih RAM Laptop dengan tipe DDR4 atau DDR5

sering kita terkecoh dengan kapasitas RAM kadang ada laptop dengan RAM 8GB harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan RAM 4GB, kenapa bisa seperti itu? sebelum anda membeli laptop pelajari dulu jenis RAM dari laptop yang dijual, karena memang generasi RAM sangat mempengaruhi kecepatan membaca dan menulis cache data,

Saran saya untuk tahun 2023 ini dan kedepan untuk laptop baru hindari membeli laptop dengan RAM DDR3 meskipun kapasitasnya lebih besar tidak ada jaminan performanya lebih baik dibandingkan DDR4 dengan kapasitas standar.

Apakah RAM 8GB Bisa main Game?

Pertanyaan ini sangat sering ditanyakan netizen, jawabnya adalah bisa, namun dengan syarat laptop yang bersangkutan sudah memiliki discrete graphic seperti NVIDIA atau AMD Radeon. namun ada juga laptop dengan integrated graphic sudah cukup mumpuni untuk main game, laptop dengan AMD Ryzen atau Athlon dengan RAM 8GB biasanya sudah bisa digunakan untuk main game standar meskipun hanya mengandalkan GPU bawaan dari processornya.

Semoga pembahasan tentang RAM diatas dapat memberi wawasan anda yang ingin membeli laptop ditahun ini.

Penulis : Anas Makruf, S.Kom

You cannot copy content of this page