Download Modul Materi TIK SMP / MTS kelas 7 Semester Genap Kurikulum 2013 – BAB 4

download modul TIK smp mts kelas 7 smester genap kurikulum 2013 k13 - Download Modul Materi TIK SMP / MTS kelas 7 Semester Genap Kurikulum 2013 - BAB 4

Berikut ini adalah modul atau materi pelajaran muatan lokal atau Mulok TIK untuk SMP atau MTs sedrajat yang menerapkan Kurikulum 2013 ( K13 ). Sebenarnya pada K13 sudah tidak ada pelajaran TIK akan tetapi masih banyak sekolah yang merasa perlu dengan pelajaran  ini sehingga memasukkannya dalam pelajaran MULOK, oleh karena kurangnya modul bagi tenaga pendidik, berikut saya bagikan secara bertahap modul lengkap pelajaran TIK K13 untuk SMP sedrajat.

BAB 4 – MEMAHAMI SEMUA JENIS SISTEM OPERASI

A. Perkembangan Teknologi Mobile

Pada masa lalu komputer terbatas pada komputer desktop dan laptop saja, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, komputer sudah merambah kea rah mobile, akhirnya muncul tablet dan komputer ringan yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan komputer desktop, sebagai contoh adalah Microsoft surface dan iPad Pro, keduanya merupakan sebuah tablet akan tetapi keduanya sudah sangat mumpuni dalam menyelesaikan pekerjaan komputasi dasar, seperti aplikasi perkantoran, surat menyurat, meng-edit foto, bahkan mengedit video. bahkan dewasa ini banyak pekerjaan desain grafis yang dulunya hanya bisa dilakukan di komputer desktop dapat dilakukan di komputer tablet. 

Gambar diatas adalah tablet Microsoft Surface, tablet ini sepenuhnya dapat menggantikan peran laptop dan komputer desktop pada umumnya, kelebihan tablet ini pada desain yang tipis, ringan dan mudah dibawa kemana saja. akan tetapi teknologi ini tidak murah, masih jauh lebih mahal jika kita bandingkan dengan komputer desktop atau PC.

B. Pahami Sistem Operasi, Kita akan bisa menggunakan semua perangkat

Seperti telah kita bahas pada bab sebelumnya,  baru – baru ini banyak sekali system operasi yang beredar di pasaran, ada yang gratis ada juga yang berbayar. kita tidak perlu bingung harus mempelajari system operasi mana yang harus kita gunakan.

Pada umumnya banyak perusahaan menggunakan produk system operasi dari Microsoft yaitu Windows, sebagian ada yang menggunakan Mac OS, ada juga yang menggunakan Linux Ubuntu. Sebagai pelajar sebaiknya kita mempelajari yang mana? jawabannya sudah pasti yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu Microsoft Windows. lalu bagaimana jika kita kedepan dihadapkan dengan system operasi lain misalnya Mac OS atau Android sekalipun?

Berikut ini saya paparkan komponen umum yang selalu ada di setiap system operasi, jadi ketika kita mengetahui komponen ini, secara umum kita akan lebih mudah menggunakan system operasi apapun.

1. Dekstop / Homescreen

adalah tampilan awal dari system operasi itu sendiri, desktop biasanya terdapat gambar background yang cukup menarik, biasanya pada desktop terdapat shortcut atau link untuk membuka aplikasi atau program.

gambar diatas adalah tampilan dari desktop Windows 10, perlu kita perhatikan kotak hitam dibawah itu disebut dengan taskbar, berisi tentang menu – menu yang ada pada komputer, gambar kecil kecil yang berjajar disebut shortcut icon, dan sebelah kanan bawah disebut dengan status bar ( berisi tentang informasi, bateri, jam, notifikasi ( pemberitahuan ) dan lain sebagainya.

Setelah kita lihat tampilan desktop pada Windows 10, coba kita perhatikan desktop pada Linux dan Mac OS, perhatikan gambar berikut :

ini adalah gambar desktop Mac OS,  hampir mirim dengan Desktop Windows 10 akan tetapi peletakkan komponennya yang berbeda. setelah itu coba kita perhatikan gambar dibawah ini, berikut adalah desktop dari Linux Ubuntu. sudah mengerti kan, coba murid – murid jelaskan apa bedanya?

Kemudian setelah kita melihat kesamaan dari ketiga tampilan desktop diatas, mari kita perhatikan tampilan desktop pada komputer tablet, pada hal ini adalah Apple iPad Pro dan Tablet Microsoft Surface, perhatikan gambar.

Kesimpulannya, Dekstop adalah tampilan awal dari system operasi, ada juga yang menyebutnya sebagai home screen atau beranda sebuah system operasi. semuanya memuat informasi dasar dan memuat jalan pintas ( shortcut ) untuk membuka aplikasi / Program atau berkas tertentu. cuman perbedaan dari komputer tablet lebih dioptimalkan untuk pengoperasian menggunakan sentuhan tangan, sedangkan komputer desktop lebih ditujukan untuk pengguna mouse dan touchpad. 

2. Start Button / Menu Tray

adalah tempat system operasi meletakkan semua shortcut program aplikasi, tidak semua system operasi memiliki start button atau menu tray hal ini dikarenakan ada system operasi yang meletakkan semua icon shortcut aplikasi pada desktop / home screen, perhatikan gambar berikut :

ketika kita mengklik logo windows pada kiri bawah ( windows 10 ), maka kan tampil banyak sekali program aplikasi yang sudah terinstall pada komputer, kita dapat membukanya dengan melakukan klik pada icon aplikasi tersebut. berikut adalah jenis – jenis start button berdasarkan versi windowsnya.

Semua tombol diatas memiliki funsi yang sama yaitu untuk membuka aplikasi yang sudah terinstall. akan tetapi setiap system operasi  memiliki cara tersendiri untuk menampilkan menu – menu nya, berikut ini adalah contoh dari mac OS dan linux :

Gambar diatas adalah tampilan menu tray dari Linux Ubuntu isinya sama saja dengan windows, berbeda dengan yang lain Apple Mac OS memiliki menu tray unik yang biasa disebut dengan DOCK, dock ini langsung tampil pada halaman desktop Mac OS ( Lihat gambar pada halama 3 ) , berikut adalah tampilan dock  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page