android

Waspada Trojan Fleckpe Infeksi Lebih dari 620 Ribu Perangkat

Trojan baru telah ditemukan oleh tim peneliti keamanan Kaspersky yang menyerang pengguna Google Play, trojan berlangganan ini disebut Fleckpe, menyebar melalui aplikasi foto editor dan wallpaper, membuat pengguna berlangganan ke layanan berbayar tanpa disadari.

Dikutip dari rilis pers Kaspersky, Senin, Fleckpe telah menginfeksi lebih dari 620.000 perangkat di seluruh dunia sejak terdeteksi pada tahun 2022.

Trojan horse atau hanya Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target, dan mengendalikan target.

wikipedia

Dari waktu ke waktu, aplikasi berbahaya diunggah ke Google Play Store, yang mungkin tampak jinak pada awalnya. Di antaranya adalah Trojan berlangganan, beberapa bahkan bersifat cukup rumit.

Mereka sering luput dari pemantauan hingga korban mendapatkan tagihan atas layanan yang tidak pernah dibeli. Salah satu contoh terbaru adalah keluarga Trojan Jocker dan Harly.

Peneliti perusahaan telah menemukan setidaknya sebelas aplikasi terinfeksi Fleckpe, yang telah terpasang di lebih dari 620.000 perangkat.

Meskipun aplikasi tersebut telah dihapus dari platform resmi, para pelaku kejahatan kemungkinan akan terus menyebarkan malware ini di aplikasi lain.

Trojan Fleckpe menargetkan pengguna utamanya di Thailand, tetapi ada korban yang ditemukan di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Polandia.

Trojan Fleckpe terlihat seperti aplikasi yang asli, tetapi sebenarnya berisi dropper berbahaya yang dapat mendekripsi dan menjalankan muatan dari aset aplikasi.

Muatan ini membuat koneksi dengan server perintah-dan-kontrol penyerang dan mengirimkan informasi mengenai perangkat yang terinfeksi, termasuk detail negara dan operator.

Kemudian, trojan akan menyetel layanan berbayar pada perangkat pengguna tanpa persetujuan mereka, yang mengakibatkan korban kehilangan uang.

Menariknya, fungsionalitas aplikasi tetap tidak terpengaruh, dan pengguna dapat terus mengedit foto atau menyetel wallpaper tanpa menyadari bahwa mereka telah dikenai biaya untuk suatu layanan.

Para ahli Kaspersky merekomendasikan agar pengguna berhati-hati dengan aplikasi, bahkan dari pasar resmi seperti Google Play.

Selalu periksa izin apa yang diberikan oleh aplikasi yang terpasang dan instal produk antivirus yang mampu mendeteksi trojan jenis ini di ponsel Anda seperti Kaspersky Premium. Jangan menginstal aplikasi dari sumber pihak ketiga atau perangkat lunak bajakan.

Penting untuk diingat bahwa para penyerang memanfaatkan keinginan orang untuk segala sesuatu yang gratis, dan mereka mengeksploitasi kelemahan ini untuk menyebar malware ke perangkat pengguna.

Jika trojan terkait terdeteksi di ponsel Anda, segera hapus aplikasi yang terinfeksi dari perangkat Anda, atau nonaktifkan jika sudah diinstal sebelumnya.

anasmakruf

Share
Published by
anasmakruf

Recent Posts

ASUS VivoBook 14 A1404: Laptop Berkualitas dengan Harga Terjangkau untuk Mahasiswa

Dalam era digital saat ini, dibutuhkan laptop mahasiswa yang dapat menunjang aktivitas kuliah mereka. Baik…

2 bulan ago

20 Cara Menaikkan Peringkat Top Stories Google pada Web Berita

Meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian dan masuk ke dalam daftar Top Stories…

3 bulan ago

Mandulkan Nyamuk DBD dengan Teknologi Nuklir

Hai, sobat blogger! Kita punya berita menarik nih dari dunia penelitian dan inovasi di Jakarta.…

6 bulan ago

Cara Memperbanyak Pelanggan Laundry Lewat Website

Bisnis laundry bisa menjadi usaha sampingan maupun bisnis utama yang dapat mendatangkan banyak keuntungan jika…

6 bulan ago

Mendalami Support Vector Machines (SVM) dan Contoh Kasusnya

Support Vector Machines (SVM) merupakan salah satu algoritma pembelajaran mesin yang populer dan efektif dalam…

10 bulan ago

Menerapkan Algoritma Decision Trees dalam Analisis Data: Studi Kasus Pengenalan Penyakit pada Daun Tanaman

Dalam dunia pertanian, pengenalan penyakit pada tanaman sangat penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam…

10 bulan ago