Elektro

Daya listrik 450 va berapa watt?

Daya listrik 450 VA adalah salah satu kapasitas daya listrik yang ditawarkan PLN ke pelanggan untuk pemasangan instalasi listrik rumah tangga. Saat ini pilihan daya 450 VA sudah tidak ada untuk permintaan pemasangan listrik baru kecuali untuk area wilayah 3T (daerah terluar, terdepan, dan tertinggal) namun tentunya masih cukup banyak pengguna yang memiliki daya listrik 450VA.

Daya Listrik 450 VA berapa Watt ?

Bicara mengenai daya listrik, apakah ada yang mengetahui 450 VA sama dengan berapa watt ? Satuan daya listrik dari PLN adalah VA, pilihan daya saat ini tersedia dari PLN adalah 900 VA, 1200 VA, 1300 VA dan seterusnya, Suatu rumah dengan listrik 450 VA tidak selalu bisa mendapat daya aktif maksimal sebesar 450 Watt karena adanya faktor daya atau Cosphi yang juga perlu diperhitungkan.

Perbedaanya antara Daya Listrik 450 VA dan 450 Watt ?

Satuan listrik Watt adalah besaran daya aktif yang bisa digunakan pada berbagai peralatan kelistrikan dan sering disebut juga daya aktif. Satuan listrik VA ( Volt x Ampere ) adalah besaran nominal daya hasil perkalian tegangan dan arus, sering disebut juga dengan daya semu.

Perbandingan daya aktif dan daya semu inilah yang disebut dengan faktor daya atau Cosphi atau sering disebut juga power factor (PF) dengan nilai maksimal adalah 1,00 sehingga faktor daya bisa berkisar antara 0 – 1,00

Watt = VA x PF (power factor/ faktor daya)

Kenapa harus dilakukan perhitungan Cosphi ? Berbagai peralatan listrik yang menggunakan prinsip induksi bisa menimbulkan daya reaktif atau daya yang hilang. Semakin banyak peralatan listrik yang menggunakan induksi magnetik maka semakin besar juga hilang dayanya.

Contoh peralatan dengan induksi magnetik ini kebanyakan yang menggunakan lilitan didalamnya misalnya motor listrik (mesin cuci, kompresor AC), Trafo, lampu ballast (neon TL).

Pada rumah yang tidak memiliki peralatan listrik yang menimbulkan induksi magnetik maka faktor daya Cosphi ini bisa diabaikan atau dengan kata lain rumah tersebut bisa mendapatkan daya maksimal yang sebenarnya.

Cara menghitung tagihan listrik 450 va

Untuk menghitung tagihan listrik 450 VA, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Periksa tarif listrik yang berlaku di wilayah Anda. Tarif listrik biasanya dibagi menjadi beberapa golongan, tergantung pada daya yang digunakan. Pada umumnya, daya 450 VA masuk ke dalam golongan R-1/450 VA.
  2. Cek jumlah pemakaian listrik pada bulan tersebut, yang biasanya dihitung dalam satuan kWh. Informasi ini dapat ditemukan pada meteran listrik Anda.
  3. Setelah mengetahui jumlah pemakaian listrik dalam satuan kWh, gunakan rumus berikut untuk menghitung tagihan listrik Anda:Tagihan Listrik = Jumlah pemakaian listrik x Tarif listrikJadi, jika tarif listrik R-1/450 VA di wilayah Anda sebesar Rp1.467 per kWh dan Anda menggunakan 100 kWh pada bulan tersebut, maka tagihan listrik Anda akan menjadi:Tagihan Listrik = 100 kWh x Rp1.467 per kWh = Rp146.700Jadi, tagihan listrik untuk 450 VA dengan pemakaian sebesar 100 kWh pada bulan tersebut adalah sebesar Rp146.700. Namun, harga ini bisa berbeda tergantung pada tarif listrik dan jumlah pemakaian listrik yang berlaku di wilayah Anda.
Anas Makruf

Share
Published by
Anas Makruf
Tags: ElektroPLN

Recent Posts

ASUS VivoBook 14 A1404: Laptop Berkualitas dengan Harga Terjangkau untuk Mahasiswa

Dalam era digital saat ini, dibutuhkan laptop mahasiswa yang dapat menunjang aktivitas kuliah mereka. Baik…

2 bulan ago

20 Cara Menaikkan Peringkat Top Stories Google pada Web Berita

Meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian dan masuk ke dalam daftar Top Stories…

3 bulan ago

Mandulkan Nyamuk DBD dengan Teknologi Nuklir

Hai, sobat blogger! Kita punya berita menarik nih dari dunia penelitian dan inovasi di Jakarta.…

6 bulan ago

Cara Memperbanyak Pelanggan Laundry Lewat Website

Bisnis laundry bisa menjadi usaha sampingan maupun bisnis utama yang dapat mendatangkan banyak keuntungan jika…

6 bulan ago

Mendalami Support Vector Machines (SVM) dan Contoh Kasusnya

Support Vector Machines (SVM) merupakan salah satu algoritma pembelajaran mesin yang populer dan efektif dalam…

10 bulan ago

Menerapkan Algoritma Decision Trees dalam Analisis Data: Studi Kasus Pengenalan Penyakit pada Daun Tanaman

Dalam dunia pertanian, pengenalan penyakit pada tanaman sangat penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam…

10 bulan ago