Artikel

7 tips keamanan untuk menghindari kebobolan rekening

Dewasa ini kembali marak kejadian pembobolan rekening di salah satu bank swasta nasional yang merugikan nasabah hingga ratusan juta rupiah.

Nasabah sempat mengajukan keluhan karena bank dianggap lalai dalam melaksanakan prosedur pencairan dana, sehingga ia merasa dirugikan dengan adanya kejadian tersebut.

Di sisi lain, bank menganggap sudah menjalankan prosedur pencairan dana sesuai tata kelola berlaku. Bahkan, bank menilai nasabah tidak menyimpan dokumen berharga seperti KTP, kartu ATM, dan buku tabungan dengan hati-hati.

Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam laman instagram resmi yang dipantau di Jakarta, Sabtu, membagikan tips agar rekening tetap aman dan terhindar dari pembobolan. Berikut tipsnya:

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi

Dengan mengaktifkan fitur notifikasi ini, maka jika ada transaksi di rekening anda baik dana masuk atau keluar, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar pada rekening tersebut. Sehingga setiap transaksi bisa anda kotrol setiap saat.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala

Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank tersebut. dengan mengecek rutin daftar mutasi rekening, anda bisa meminimalkan potensi kecolongan.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah

Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah. sehingga dari pihak peretas kesulitan untuk meretas handphone anda.

4. Hindari menggunakan WiFi publik atau Free WiFi

Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan WiFi publik atau free WiFi untuk melakukan transaksi perbankan. contohnya saat anda di restoran atau hotel atau tempat publik lain, pastikan menggunakan paket data dari operator selular saat menggunakan transaksi Banking.

5. Jaga data pribadi anda

Jangan pernah memberitahukan user ID, password, kode OTP, PIN rekening atau nama ibu kandung ke siapa pun, termasuk pihak bank, serta ubah password secara berkala. juga gunakan kombinasi password yang berisi Huruf Kapital angka dan simbol.

6. Berhati-hati saat menggunakan ATM

Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain di mesin ATM dan jangan percaya dengan nomor telepon bank di mesin ATM yang kemungkinan tidak resmi untuk menghindari terjadinya skimming. Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera tanya ke satpam didekat ATM atau segera datang ke bank.

Selain itu, mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan sehingga berisiko bisa mengetahui kata sandi atau melakukan kloning kartu anda.

7. Gunakan QRIS untuk pembayaran

Saat berbelanja minimalkan penggunaan kartu ATM saat di cafe maupun tempat umum, mulailah membiasakan menggunakan QRIS untuk transaksi di tempat umum.

anasmakruf

Share
Published by
anasmakruf

Recent Posts

Review Infinix GT 20 Pro, Katanya Sih Raja Gaming di Kelas Rp4 Jutaan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah smartphone gaming yang sedang menjadi perbincangan hangat…

2 hari ago

ASUS VivoBook 14 A1404: Laptop Berkualitas dengan Harga Terjangkau untuk Mahasiswa

Dalam era digital saat ini, dibutuhkan laptop mahasiswa yang dapat menunjang aktivitas kuliah mereka. Baik…

3 bulan ago

20 Cara Menaikkan Peringkat Top Stories Google pada Web Berita

Meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian dan masuk ke dalam daftar Top Stories…

4 bulan ago

Mandulkan Nyamuk DBD dengan Teknologi Nuklir

Hai, sobat blogger! Kita punya berita menarik nih dari dunia penelitian dan inovasi di Jakarta.…

7 bulan ago

Cara Memperbanyak Pelanggan Laundry Lewat Website

Bisnis laundry bisa menjadi usaha sampingan maupun bisnis utama yang dapat mendatangkan banyak keuntungan jika…

7 bulan ago

Mendalami Support Vector Machines (SVM) dan Contoh Kasusnya

Support Vector Machines (SVM) merupakan salah satu algoritma pembelajaran mesin yang populer dan efektif dalam…

11 bulan ago