printer

perbandingan Epson ecotank L1110, L3110 dan L3150 dengan Epson L120

Epson ecotank selamat berjumpa kembali dengan saya Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara printer baru Epson yaitu tipe koteng l1110, L3110 dan L3150. Seperti kita ketahui baru-baru ini Epson mengeluarkan generasi kedua dari printer infusnya printer Epson yang diinfus langsung dari pabrik memang banyak sekali kelebihan dari Epson ecotank ini adalah lebih rapi dan lebih kokoh daripada generasi sebelumnya.

Epson ecotank generasi yang kedua ini berbeda dengan generasi pertama yaitu yang seperti L120 dan L310 keduanya memiliki tangki tinta yang ada di samping sedangkan yang Eco tank 1110 memiliki tangki tinta di bagian depan generasi ini sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan akan tetapi generasi yang baru ini lebih mudah untuk mengakses cinta dibandingkan dengan generasi yang lama.

Berikut adalah spesifikasi dari Epson ecotank L1110

Seperti kita ketahui kedua printer ini adalah printer yang digunakan banyak sekali rumah dan perusahaan di Indonesia karena printer dengan single fungsi ini sangat hemat dan bandel untuk pekerjaan sehari-hari, Menurut hemat saya Epson ecotank L1110 adalah versi bisnis dari Epson L120 Jadi dibandingkan dengan Epson L120 Epson ecotank L1110 lebih baik secara kecepatan mencetak Hal ini dikarenakan spesifikasi Epson ecotank L1110 lebih tinggi daripada epson L120. 

Epson ecotank L1110 mampu mencetak maksimal 10 ipm sedankan epson L120 hanua mampu mencetak maksimal 8.5 ipm saja. Selain kecepatan Epson ecotank L1110 juga Unggul dalam resolusi mencetak Epson L1110 memiliki resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi sedangkan Epson L120 hanya memiliki resolusi 720 x 720 dpi saja.

Berikut adalah spesifikasi Epson ecotank L3110

Printer ini adalah printer multifungsi yang biasa digunakan untuk berbagai macam kegiatan office atau kantor yaitu seperti mengcopy dokumen dan mencetak dokumen jadi printer ini dilengkapi dengan scan yang berfungsi sangat baik untuk menjalankan tugas-tugas office Saya pengen ini adalah printer Epson ecotank L1110 yang dilengkapi dengan scanner sehingga dapat kita simpulkan bahwa semua spesifikasi baik kecepatan mencetak resolusi dan tinta Semuanya sama dengan Epson ecotank L1110.

Perlu kita ketahui sebelum Epson ecotank L3110 merupakan versi terbaru dari Epson l350 yang sekarang sudah tidak keluar lagi. Perlu Anda ketahui bahwa fitur mencetak pada Epson ecotank l3110 maksimal dapat mencetak ukuran kertas A4 dan letter saja Jadi anda tidak dapat memfotokopi kertas folio atau F4 dengan menggunakan printer ini karena karena hasilnya pasti akan terpotong.

Adapun kecepatan menyalin atau mengcopy printer ini adalah sekitar maksimal 7 ipm untuk hitam putih dan 1.5 ipm untuk fotocopy warna. Salah satu kelemahan dari Epson ecotank l3110 adalah lambat dalam mencetak fotocopy warna.

Berikut adalah spesifikasi Epson ecotank l3150

Epson ecotank l l3150 ini memiliki spesifikasi Sama persis dengan ecotank l3110 akan tetapi dilengkapi dengan konektivitas WiFi Jadi kita dapat mencetak foto yang ada dalam laptop atau smartphone kita langsung tanpa harus memindah pindah file ke komputer printer model ini sangat populer baru baru ini dikarenakan kemudahan untuk mencetak sesuatu yang kita inginkan dengan cepat tanpa harus menggunakan sebuah komputer.

Perbandingan printer Epson ecotank l3110 dengan printer Epson ecotank l3150 ada pada dua aspek yaitu kecepatan mencetak dan konektivitas WiFi Epson ecotank l3150 memiliki keunggulan dalam kecepatan memfotokopi warna lebih cepat dua kali lipat dibanding dengan Epson l3110 yaitu sekitar 3,8 IPM keunggulan lain adalah printer ini memiliki konektivitas WiFi Yang yang sangat praktis dan mudah digunakan.

Tabel Perbandingan Spesifikasi Epson Ecotank

Tabel Berikut merupakan tabel perbandingan spesifikasi Epson Ecotank L1110, L3110 dan L3150 ( sumber : epson.co.id )

Type PrinterEpson L120Epson Ecotank L1110Epson Ecotank L3110Epson Ecotank L3150
Tipe PrinterSingle FunctionMulti FungsiMulti FungsiMulti Fungsi
Fitur UtamaPrint OnlyPrint OnlyPrint Scan CopyPrint Scan Copy
Kecepatan MencetakMax 8.5 ipmMax. 10 ipmMax. 10 ipmMax.10 ipm
Kecepatan mengcopy7 ipm ( hitam ) / 1.5 ipm ( warna )7 ipm ( hitam ) / 3.8 ipm ( warna )
Fitur TambahanWiFi Direnct
HargaRp. 1.725.000Rp. 1.990.000Rp. 2.175.000Rp. 2.745.000
KelebihanHarga TerjangkauSpeed Cukup CepatBisa Untuk Fotocopy dan scanBisa cetak foto langsung dari HP
KekuranganKecepatan mencetak lambatTempat tinta kecil dengan body bongsorKecepatan fotocopy warna sangat lambatHarga terpaut jauh dengan L3110
Tabel perbandingan printer L120 L1110 L3110 dan L3150

Kesimpulan

Dari spesifikasi diatas dapat kita simpulkan bahwa masing – masing produk memiliki kelemahan dan kelebihan, baik seri Ecotank maupun seri sebelumnya yakni seri L120. tetapi saya sangat meng apresiasi pihak epson yang sadar akan kelemahan produk mereka yaitu kecepatan mencetak, dan menghadirkan produk dengan kecepatan cetak lumayan cepat dengan harga yang masih bisa terjangkau untuk kalangan bisnis kecil menengah merupakan sebuah capain yang sangat bagus.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli printer baru Jangan lupa untuk menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda Karena pada dasarnya printer adalah Alat untuk mencetak Tergantung apa yang ingin anda cetak Jika anda ingin mencetak sebuah foto maka anda pastinya harus memiliki printer yang minimal memiliki variasi warna yang lebih banyak daripada printer bisnis yang hanya memiliki 4 warna saja

anasmakruf

Recent Posts

ASUS VivoBook 14 A1404: Laptop Berkualitas dengan Harga Terjangkau untuk Mahasiswa

Dalam era digital saat ini, dibutuhkan laptop mahasiswa yang dapat menunjang aktivitas kuliah mereka. Baik…

4 minggu ago

20 Cara Menaikkan Peringkat Top Stories Google pada Web Berita

Meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian dan masuk ke dalam daftar Top Stories…

2 bulan ago

Mandulkan Nyamuk DBD dengan Teknologi Nuklir

Hai, sobat blogger! Kita punya berita menarik nih dari dunia penelitian dan inovasi di Jakarta.…

5 bulan ago

Cara Memperbanyak Pelanggan Laundry Lewat Website

Bisnis laundry bisa menjadi usaha sampingan maupun bisnis utama yang dapat mendatangkan banyak keuntungan jika…

5 bulan ago

Mendalami Support Vector Machines (SVM) dan Contoh Kasusnya

Support Vector Machines (SVM) merupakan salah satu algoritma pembelajaran mesin yang populer dan efektif dalam…

9 bulan ago

Menerapkan Algoritma Decision Trees dalam Analisis Data: Studi Kasus Pengenalan Penyakit pada Daun Tanaman

Dalam dunia pertanian, pengenalan penyakit pada tanaman sangat penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam…

9 bulan ago