Mengetahui Dasar Cara Kerja AC, AC Split dan Kompresor AC

Mengetahui Dasar Cara Kerja AC AC Split dan Kompresor AC - Mengetahui Dasar Cara Kerja AC, AC Split dan Kompresor AC

Pada artikel dibawah ini akan menjelaskan secara ringkas tentang cara kerja AC, kompresor AC dan cara kerja AC split yang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara kerja kulkas.

Bagaimana Cara Kerja Sistem AC ( Air Conditioner )

Menjawab pertanyaan bagaimana cara kerja AC, dalam artikel ini akan dijelaskan cara kerja ac secara singkat. Pada unit air conditioner alias pendingin ruangan terdapat beberapa proses agar mendapat udara dingin yang diinginkan.

Pada cara kerja sistem AC tentunya tidak bisa lepas dari zat bahan pendingin yang disebut dengan refrigerant atau sering disebut dengan freon, fungsi refrigerant berperan penting menyalurkan panas dan mendinginkan ruangan dengan cara melewati komponen pendingin seperti kondesor, pipa kapiler dan evaporator pada unit indoor.

Pada unit AC, zat refigerant (freon) mengalami perubahan wujud dari gas ke cair dan sebaliknya, serta perubahan temperatur dan tekanan sehingga freon tidak akan habis selama tidak ada kebocoran

image 5 - Mengetahui Dasar Cara Kerja AC, AC Split dan Kompresor AC
  1. Pertama, tahap kompresi. Tahapan ini merupakan penekanan refrigerant oleh kompresor yang nantinya akan mengubahnya menjadi cair dengan namun dengan temperatur yang tinggi.
  2. Kedua, terdapat tahapan yang disebut kondensasi. Di mana refrigerant mengalami perubahan dari gas menjadi cair didinginkan di kondensor. Pada proses inilah panas dari ruangan dikeluarkan sehingga suhu refrigerant menjadi dingin.
  3. Ketiga, terdapat tahap ekspansi. Di dalam tahapan ekspansi refrigerant akan diturunkan oleh katup ekspansi. Proses ini terjadi pada pipa kapiler.
  4. Keempat, tahap evaporasi. Dalam tahapan yang satu ini refrigerant akan diubah menjadi gas di mana yang semula berupa cairan oleh evaporator. Pada proses inilah terjadi proses pendinginan ruangan dengan memanfaatkan fan pada unit AC indoor.

Bagaimana Cara Kerja AC Split

AC saat ini merupakan kebutuhan orang banyak apalagi untuk di Indonesia yang memiliki iklim tropis dimana pada bulan tertentu cuaca bisa terasa panas. Dan pilihan menggunakan AC split merupakan pilihan yang tepat untuk kebutuhan pendingin ruangan untuk skala rumahan.

Dengan mengetahui cara kerja AC split paling tidak bisa mendeteksi kerusakan yang terjadi pada saat AC terasa tidak dingin. Pada dasarnya cara kerja AC split memiliki kemampuan untuk menyerap udara panas yang ada di dalam ruang dan diubah menjadi dingin oleh Evaporator pada Indoor AC.

Secara garis besar komponen ac split sebenarnya terbagi menjadi dua bagian. Pertama, bagian indoor dan yang kedua terdapat bagian outdoor.

Untuk bagian indoor memiliki beberapa komponen, seperti halnya :

  • Evaporator, komponen AC indoor yang berbentuk seperti sirip yang berfungsi untuk menangkap udara panas di ruangan sekaligus menyebarkan udara dingin yang dihasilkan AC
  • Motor stepper, berfungsi untuk menggerakkan blade (kisi) supaya udara dingin lebih merataFilter udara, bagian ini harus rutin dibersikan karena jika berdebu maka udara dingin tidak akan optimal
  • Thermistor, merupakan sensor suhu untuk mendeteksi perubahan suhu ruangan. Jika suhu ruangan yang diinginkan sudah tercapai maka sensor thermistor inilah yang mengirimkan sinyal ke mainboard modul AC untuk mematikan kompresor, untuk lebih detailnya bisa cek di artikel tentang Thermistor AC
  • Mainboard/ modul AC yang merupakan otak atau rangkaian program yang mengatur kerja komponen kelistrikan pada unit AC baik indoor maupun outdoor.
image 6 - Mengetahui Dasar Cara Kerja AC, AC Split dan Kompresor AC

Sedangkan pada bagian outdoor ac split terdapat beberapa bagian seperti halnya :

  • Kompresor yang merupakan komponen utama pada outdoor AC
  • Kondenser untuk menyalurkan panas dari dalam ruangan
  • Kipas Angin untuk membantu membuang udara panas dari kondenser
  • Filter refrigerant/ filter dryerPipa kapilerKapasitor AC, untuk membantu start motor dinamo didalam kompresor

Bagaimana Cara Kerja Kompresor AC

Selain membahas seputar tahapan yang dilalui dalam sistem kerja AC, ada bagian lain di dalam AC yang disebut kompresor. Sebenarnya fungsi kompresor AC sudah bisa dilihat dengan jelas dari sususan katanya, yakni untuk mengubah atau meng kompresi unsur gas yang semula bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi.

Sesuai dengan namanya, kompresor AC bertugas untuk meningkatkan tekanan yang dalam hal ini adalah tekanan refrigerant/ freon, pelajari kembali fungsi refrigerant pada artikel diatas.

Cara kerja kompresor AC bisa memompa freon karena didalam kompresor terdapat motor listrik yang memiliki konsumsi daya cukup besar, seperti halnya motor dinamo listrik besar lainnya diperlukan kapasitor untuk menyalakan kompresor ini. Jika terjadi kerusakan pada kapasitor nya maka akan muncul gejala AC tidak dingin.

Fungsi kompresor AC sama halnya seperti jantung manusia yaitu memompa gas atau cairan ke seluruh bagian AC, udara pun diubah menjadi bertekanan tinggi. Tak hanya itu saja, di dalan kompresor juga terdapat cairan refrigerant atau biasa disebut Freon yang mampu menyerap cairan panas pada ruangan untuk dibuang pada bagian unit outdoor AC.

Prinsip kerja air conditioner seperti ini sama dengan cara kerja kulkas dalam menghasilkan dingin.

Dengan mengetahui cara kerja AC maka bukan tidak mungkin jika suatu saat terjadi kerusakan ringan pada unit AC paling tidak mengetahui kemungkinan bagian mananya yang mengalami kerusakan.

You cannot copy content of this page